Skip to content

Pelaksanaan kenaikan golongan Guru PNS Pemkot Surabaya di duga sarat Percaloan

20 Desember 2010

Siswanto, kasek SDN Sambikereb III & staf kabid Ketenagaan Dindiknas Kota terlibat

Aktual.indonesia.wordpress.com, Surabaya – Proses kenaikan tingkat guru PNS di wilayah Dinas Pendidikan Kota Surabaya beberapa waktu lalu telah terlaksana.Namun proses tersebut di duga banyak terjadi kerancuhan dan sarat dengan nuansa percaloan yang ada.

Siswanto, kepala sekolah SDN Sambikerep III, saat di klarifikasi tentang adanya dugaan dirinya menjadi joki berdasarkan pengakuan beberapa guru dan bukti kwitansi pembayaran administrasi kenaikan golongan dari IVa ke Ivb, dengan menarif uang administrasi sebesar Rp 2,500,000 per guru,untuk sepuluh guru yang di akuinya saat melakukan klarifikasi.

Menurut siswanto dari sepuluh guru yang yang mengikuti kenaikan golongan karya ilmiahnya juga dia buatkan semua, sebagai salah satu persyaratan guna memenuhi pemberkasan kenaikan golongan seorang guru. Dan dalam hal inipun dirinya telah mendapatkan restu dari bapak andi kasi bid ketenagaan Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Dan hal ini saya lakukan sejak tahun 2009 karena saya hanya membuatkan karya ilmiah guru yang melaksanakan kenaikan tingkat tahun 2009.Karena untuk PNS tenaga fungsional angka kredit pengembangan profesinya harus mencapai nilai 12, sedangkan rekan-rekan guru yang saya bantu ini nilainya tidak mencapai 7, maka mereka harus mengulang lagi mas, dan saya membuatkan lagi hingga mereka ikut lagi tahun 2010 ini.Jadi guru yang saya buatkan karya ilmiahnya ini guru yang pada tahun 2009 tidak lolos dan mengulang kembali dalam pelaksanaan Proses kenaikan golongan kepangkatannya. Dan kalau pada tahun 2009 saya bisa memintakan tanda tangan pada karya ilmiah yang seharusnya diadakan uji materi karya ilmiah yang di buat guru dan mereka harusnya hadir sendiri.

Namun pada tahun lalu saya bisa membantu para guru tersebut memintakan tanda tangan pada rekan-rekan di Dinas Pendidikan Kota Surabaya tanpa melakukan uji materi tulisan mereka sebelum karya tersebut di kirimkan ke Dinas Pendidikan Propinsi, namun untuk tahun 2010 ini saya hanya di perbolehkan pak andi membuatkan karya ilmiah mereka saja dan di wanti-wanti jangan sampai pihak Dindiknas propinsi tahu bila karya ilmiah guru-guru tersebut saya yang menulis, dan bila telah selesai saya tidak diperbolehkan lagi mengantarkan langsung karya ilmiah tersebut ke kantor Dinas, dan mereka sendirilah yang datang sekaligus mengantarkan data tersebut pada kabid ketenagaan, guna mendapatkan tanda tangan legalitas bahwa memang guru tersebutlah yang benar-benar membuat karya ilmiahnya sendiri dan sebagai tanda kalau karya ilmiah tersebut telah di lakukan pengujian tentang isi materinya oleh pihak Dinas Pendidikan Kota Surabaya dan selanjutnya di serahkan pada Dindiknas Propinsi.

Menurut sumber di lapangan ada sekitar 20 guru yang di caloi siswanto, bukan 10 guru namun kemungkinan yang sepuluh guru tersebut pembayarannya belum lunas semua mas dan yang sepuluh lainnya telah membayar lunas semua. Salah satu sekolah yang gurunya di uruskan dalam proses kenaikan tingkatnya oleh siswanto adalah sekolah SDN Simolawang KIP/156 yang salah satu gurunya bernama ibu Istiani dan Endah Pangestu. Namun kedua guru tersebut walaupun telah membayar Rp.2,500,000 pada siswanto untuk di serahkan pada andi, guru tersebut tidak lolos dalam penyaringan kenaikan tingkat guru PNS yang dilaksanakanbelum lama ini..

 

Saat dilakukan klarifikasi pada kabid ketenagaan yusuf masruh mengatakan bahwa apa yang katakan siswanto tidak benar dan pihaknya akan melakukan pemanggilan terhadap kepala sekolah sambi kerep tersebut terkait kasus ini yang mencatut nama salah satu staff bidang ketenagaan, dan kami akan melakukan klarifikasi mas terhadap siswanto, “ ungkap Yusuf.( nt/ndra)

 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: