Skip to content

Biaya Pembuatan Paspor Tahun 2011 Mengalami Penurunan

16 Desember 2010

aktualindonesia.wordpress.com, Jakarta. – gencarnya informasi akan adanya kenaikan pembuatan paspor, baik paspor Konvensional maupun paspor elektronik pada tahun depan, di bantah keras oleh Ditjend imigrasi, bahkan menurut Kabag Humas, Litigasi, dan TU ditjend imigrasi Kemenkum dan Ham Maroloan Jonnis Baringbing mengatakan bahwa justru biaya pembuatan paspor pada tahun depan akan mengalami penurunan. lebih lanjut baringbing mengatakan bahwa. Penurunan biaya pembuatan paspor ini terjadi pada pembutan buku paspor yang mengalami penurunan biaya hingga Rp.15 ribu,juga akan dilakukan pemangkasan biaya pengambilan sidik jari hingga 15 rb.hal ini di ungkapkannya di sela konferensi pers di gedung kemenkum HAM pusat pada (16/12).

Dengan adanya pemangkasan biaya tersebut maka secara otomatis penerbitan paspor konvensional setebal 24 halaman akan menjadi Rp.105 ribu. dan untuk paspor konvensional setebal 48 halaman biayanya menjadi Rp.255 ribu. Pemangkasan juga berlaku bagi paspor elektronik atau yang di sebut e-passport. Untuk biaya paspor elektronik setebal 24 halaman menjadi Rp.405 ribu dan yang 48 halaman sebesar rp.665 ribu.

Lebih lanjut baringbing mengatakan bahwa biaya pembuatan paspor di indonesia tidak mahal dan tidak murah, kita berada di tengah-tengahnya, dia mencontohkan biaya pembuatan paspor di beberapa negara tetangga seperti Malaysia rp.1,5 juta, Selandia Baru Rp.990 ribu,Singapura Rp.544 ribu, Amerika Rp.880 ribu dan Australia mematok harga mencapai Rp.1,8 juta, ungkapnya.

lebih jauh baringbing mengatakan untuk paspor jenis elektronik yang bertekhnologi chip, akan halnya e-passpor masih belum di wajibkan bagi warga Negara Indonesia yang bepergian ke luar negeri. Namun meski demikian pemakaian e-passport memang akan di wajibkan oleh organisasi Penerbangan Sipil internasional (ICAO) dan akan di terbitkan secara menyeluruh pada tahun 2015 mendatang, jelas baringbing pada wartawan.

Alif Suaidi,selaku Kasubdit Perencanaan, Pengembangan, dan Manajemen Direktorat Sistim Informasi keimigrasian mengatakan bahwa meski belum di wajibkan pihaknya akan akan mempersiapkannya terlebih dulu terkait pemakaian paspor elektronik tersebut, karena langkahnya uji coba pemakaiannya (paspor elektronik.red).di jelaskannya bahwa indonesia akan melakukan uji coba penerbitan paspor elektronik tersebut akan dilakukan pada 26 januari 2011 mendatang dan akan diterbitkan sekitar 10 ribu paspor elektronik,”ujarnya.

Adapun penerbitan paspor elektronik tersebut hanya dilakukan di tiga tempat kantor imigrasi, yakni Kantor Imigrasi kelas I Jakarta barat, kantor imigrasi kelas I soekarno-Hatta dan Kantor Imigrasi Jakarta Pusat.Dan penerbitan paspor inipun masih bersifat optional (pilihan), apakah ingin menggunakan paspor elektronik atau paspor konvensional,ungkap alif.

Lebih jelas alif menuturkan bahwa paspor elektronik merupakan paspor yang di lengkapi chip, dan chip tersebut berisi data dan sidik jari pemegang paspor. Maka dengan e-Passport, setiap warga negara yang melintasi perbatasan negara lain tidak perlu berhadapan dengan petugas Imigrasi.karena di tempat tersebut telah di pasang outo-gate yang dioperasikan secara otomatis dan online kesemua negara yang ada.( Jp/yn)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: